Sabtu, 07 Juni 2014

Layanan Cloud Acer Ubah PC Pengguna Jadi Mini-Server

Acer mulai serius memasuki bisnis layanan cloud konsumen, namun dengan konsep layanan yang sedikit radikal. Pihaknya baru saja mengumumkan layanan BYOC (Build Your Own Cloud)yang memungkinkan pengguna bisa membangun server cloud atau penyimpanan online-nya sendiri.

Tidak seperti layanan penyimpanan online lainnya, seperti Dropbox, OneDrive, maupun Google Drive, Acer akan menyimpan semua data langsung ke pengguna PC dan akan berfungsi sebagai pusat data. Pengguna bisa menjadikan perangkat PC mereka sebagai mini-server mereka sendiri. Jadi, ini bukan melalui server yang disediakan perusahaan, melainkan PC pengguna. Teknologi ini juga bukanlah sebuah aplikasi dekstop yang dapat mensinkronisasikan file manager PC lalu dikirim cloud server pengembangnya.

Dengan begitu, file tertentu yang tersimpan di PC pengguna bisa diakses langsung dari jauh via smartphone maupun tablet, asal terkoneksi dengan internet. Belum diketahui pasti, apakah nantinya layanan tersebut mengharuskan PC pengguna dalam keadaan tetap hidup bila file-nya ingin diakses dari smartphone atau ada alternatif lain.

Yang cukup menarik, Acer tidak mensyaratkan layanan tersebut mesti terhubung ke perangkat Acer, baik PC maupun smartphone. Layanan ini nantinya akan berada di bawah merek “ab”, yang merupakan singkatan dari Acer dan BYOC.
“Sebelumnya, hanya pemilik perangkat Acer saja yang bisa menggunakan aplikasi ini. Namun mulai saat ini, Anda tidak perlu lagi memiliki sebuah perangkat Acer“, ujar Maverick Shih, Presiden Layanan Cloud dan Bisnis Tablet Acer, seperti dikutip dari PC World.

Melalui layanan tersebut, pengguna bisa menyimpan foto, musik, dokumen Microsoft Office, dan sejumlah file lainnya di perangkat PC. Setelah itu, pemilik smartphone berbasis iOS atau Android cukup mengunduh aplikasi mobile-nya dari masing-masing toko aplikasi resmi agar bisa terhubung dengan file di PC.

Acer memberikan aplikasi cluod tersebut secara gratis maupun berbayar, tergantung dari sejumlah fitur yang ditawarkan ke pengguna. Aplikasi juga tersedia secara pra-instal di perangkat Acer terbaru. Rencananya, layanan cloud terbaru ini akan tersedia secara massal pada akhir Juni mendatang. “Sekarang, kami menjual perangkat lunak ke konsumen di saat kita benar-benar mulai melakukan bisnis dengan mereka“, ujar petinggi Acer tersebut.


Sumber : http://www.jagatreview.com/2014/06/layanan-cloud-acer-ubah-pc-pengguna-jadi-mini-server/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar