Senin, 30 Juni 2014

Google Beli Alpental Hadirkan Internet Super Cepat

Upaya Google menyediakan infratruktur jaringan internet cepat ke lebih banyak tempat masih terus berlanjut, salah satuya melalui proses akuisisi perusahaan lain. Raksasa internet itu baru saja mengakuisisi Alpental, startup yang fokus mengembangkan teknologi jaringan wireless berbasis 5G.
Alpental mengembangkan teknologi yang berhubungan dengan 5G. Salah satu hasil pengembangannya ialah teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan spektrum 60GHz. Spektrum tersebut telah digunakan untuk menyediakan jaringan nirkabel berkecepatan tinggi hingga 7Gbps di dalam sebuah area seluas 1 mil.
Google sudah mengonfirmasi akuisisi Alpental. Namun, Google tidak memberikan alasan, pihaknya mengakuisisi Alpental. Selain itu, tidak ada informasi apapun terkait nilai transaksi keduanya. Hanya saja, kemungkinan Google membayar “murah”, mengingat Alpental merupakan perusahaan kecil dan tidak terlalu populer.
Teknologi Alpental ini kemungkinan akan dintegrasikan ke Google Fiber, layanan internet fiber optic 1Gbps dari Google untuk rumah tangga. Layanan tersebut sudah dikomersialisasikan Google di Kansas, Austin, Texas, dan Provo serta dalam waktu dekat ini di 34 wilayah di Amerika Serikat. Ini sejalan dengan proyek yang tengah digarap Alpental guna memperluas jangkauan jaringan untuk daerah perkotaan berbasiskan jaringan 5G.
Dengan hadirnya internet super cepat, semua layanan Google pun, seperti Google Drive, Gmail, Google Docs, Youtube, hingga Google Docs pun bisa diakses dengan mudah oleh penggunanya. Ini merupakan bisnis yang saling terhubung satu sama lain. Selain Google bisa menerapkan biaya langganan paket data, pendapatan iklan dari sejumlah layanannya makin meningkat berkat pertumbuhan pengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar