Senin, 30 Juni 2014

98% Pendapatan Google Play Bulan Mei Berasal dari Aplikasi Freemium

Saat ini Google Play Store milik Android sudah menyediakan lebih dari 1,5 juta aplikasi di dalamnya, baik aplikasi gratis maupun berbayar. Dan berdasar laporan terbaru, pendapatan terbanyak Google Play tersebut malah bukan berasal dari aplikasi berbayar melainkan dari aplikasi gratis.
Laporan tersebut disampaikan oleh sebuah perusahaan bernama App Annie. Menurut perusahaan tersebut, dari total pendapatan yang diperoleh Google dari Play Storenya, 98% didapatnya dari aplikasi gratis, atau disebutnya sebagai aplikasi Freemium, dan bukan dari aplikasi berbayar. Kata Freemium sendiri digunakan oleh perusahaan tersebut berasal dari gabungan ‘free’ dan ‘premium’ karena aplikasi yang di-download oleh pengguna merupakan aplikasi gratis, namun untuk melanjutkan ke level berikutnya atau melengkapi berbagai kebutuhan dalam game tersebut, mereka harus membelinya secara terpisah.
Namun meskipun mayoritas pendapatan tersebut berasal dari aplikasi freemium, namun hal ini tidak bisa dikatakan untuk jumlah download bulanan. Dalam laporan tersebut menunjukkan bahwa hanya sekitar setengah dari download bulan Mei yang merupakan aplikasi freemium sedangkan setengahnya lagi merupakan aplikasi yang tanpa ikatan, alias murni gratis tanpa perlu menambah pembelian lain lagi.
Dalam laporan tersebut dijelaskan, model aplikasi freemium yang paling banyak di-download tentu saja adalah game, karena dalam game tersebut banyak dibutuhkan pembelian lebih lanjut untuk kenaikan level atau pembelian perlengkapan seperti barang-barang virtual. Di kuartal pertama tahun ini disebutkan bahwa pendapatan Google dari toko onlinenya tersebut, sekitar 90% berasal dari game dan sisanya berasal dari aplikasi lain.
Jika dibandingkan dengan Apple, keuntungan rata-rata yang didapat dari aplikasi di Google Play sendiri cukup jauh tertinggal. Google Play mengumpulkan keuntungan sebesar $1,125, sedangkan App Store Apple mengumpulkan keuntungan sebesar $4,000. Namun yang paling sedikit tentu saja adalah pendapatan dari aplikasi di Windows Phone Store yang hanya mendatangkan keuntungan sebesar $625 untuk Microsoft. Meski pendapatan Google Play cukup jauh tertinggal dari App Store, namun aplikasi di Google Play sendiri membuat kemajuan yang pesat terutama untuk negara-negara di Asia, Brazil, Rusia, dan Meksiko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar