Minggu, 09 Maret 2014

Sejarah Floopy Disk (Disket)


           Pada tahun 1967 IBM memerintah untuk membuat suatu sistem storage, bagi mengisi kod-mikro ke dalam sistem/370 mainframe. 370s merupakan mesin IBM pertama yang menggunakan ingatan semikonduktor, kapasitas penyimpanan ini dulu begitu berguna dikarenakan data dapat kita bawa kemanapun, namun kapasitas yang tersedia begitu minimum. Harga rata-rata disket tersebut adalah $5.
            Floppy disk banyak macamnya, tetapi semua memiliki kemampuan dan harga yang relative sama. Umumnya floopy disk ini sebagai alat komunikasii antara komputer satu dengan komputer lainnya. Dengan kapasitas 1,4Mb. Seringkali floopy disk ini malah membawa virus dari komputer lain ke komputer yang kita gunakan.
            Maka dari itu kewaspadaan kita terhadap penggunaan disket ini harus tetap ditingkatkan karena jika kita tidak menghiraukan bahaya yang terdapat pada disket ini, maka konsekuensi yang kita dapatkan ialah data kita hilang karena virus yang merajalela. Floopy disk pun dapat terkenan berbagai paparan yang kurang baik bagi keutuhan floopy disk tersebut, maka tempat penyimpanannya pun harus diperhatikan dengan seksama.
            Tahun 1969, awal dibentuknya suatu floopy disk dengan ukuran 8 inch hanya memuat 79,7kb dengan kemampuan hanya (read only) dengan membaca dan tidak bisa kita edit. Tahun 1976 hadir floopy disk dengan ukuran 5¼ inch dan dapat menampung data sekitar 110kb – 360kb dan dapat memanipulasi dan menghapus data.
            Tahun 1982, floppy disk ukurannya 3½. Pada awal kemunculannya hanya dapat menyimpan data 264kb dan perkembangannya dapat menyimpan data 200MB, pada jamannya floopy disk dengan ukuran 200MB paling banyak digunakan oleh masyarakat.






                  
Jenis-jenis Floopy Disk (Disket)

JENIS UKURAN
KAPASITAS
KAPASITAS RANGE
PEMBUAT
3,5 inci
1,44 MB
400kb-1,44MB
SONY
3,5 inci
2,88 MB
-
IBM
5,2 inci
1,2 MB
200kb-1,22MB
SUGHART
8 inci
500 kb
100kb-500kb
IBM

Komponen Floppy Disk (Disket)
      1.      Write-protectab
      2.      Hub
      3.      Shutter
      4.      Plactic housing
      5.       Paper ring
      6.      Magneting Disk
      7.       Disk Selector

Kesimpulan
            inti da nisi dari artikel berikut ialah floppy disk adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah media penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur yang berlapis plastic berbentuk persegi atau persegi panjang. Floppy disk pertama diciptakan oleh IBM tahun 1967. Floppy disk mempunyai beberapa ukuran yaitu 8 inch, 5.25 inch, lalu 3.5 inch. Perkembangan floppy disk pernah mendudukin masa kejayaan pada tahun 1990-an saat hampir semua menggunakan peralatan yang berkapasitas 1,44MB tersebut. Namun, permintaan atas floopy disk terus menurun sejak berkembangnya CD-R, CD-RW, bahkan usb Flash disk yang menawarkan kapasitas peenyimpanan lebih besar dari floopy disk. Sementara floopy disk masih masih memiliki beberapa kegunaan yang terbatas, terutama dengan warisan peralatan komputer industri.




Daftar Pustaka





Nama : Fajar Maulana Sidik
NPM : 17111809

Kelas : 3KA03

Tidak ada komentar:

Posting Komentar