Selasa, 18 Maret 2014

KDRT di Bantul Bagaikan Fenomena Gunung Es

Kasus kekerasan dalam rumah tangga, dikabupaten Bantul Bagaikan fenomena gunung es. Perkara sejauh ini ditangani oleh aparat penegakan hukum baru puncak gunungnya, namun perkara yang luput dari penanganan bagaikan dasar dari gunung es.
Hal ini terlihat dari data yang dimiliki oleh pemkab Bantul yang memperlihatkan kasus KDRT pada tahun 2007 mencapai 17 kasus, tahun 2008 mencapai 27 dan 2009, dari bulan Januari hingga Juni 2009 mencapai 36 kasus.
“Data itu yang tercatat, namun demikian KDRT yang belum tercata bisa 100 hingga 200 persen dari perkara yang tercatat dan ditangani oleh pihak berwajib”. KDRT yang terjadi di Bantul dan telah dilaporkan meliputi kekerasan fisik, psikis, pemerkosaan, pencabulan, dan penelantara. Kasus KDRT ini terungkap karena ada kesadaran dari korban melapor kepada penegak hokum.
Korban dan pelaku KDRT yang dahulu lebih banyak pada kalangan masyarakat tingkat bawah saat ini juga menimpa keluarga dalam kategori menengah keatas. Lebih lanjut Erni Sri Saptiani mengtakan pemkab Bantul sendiri memberikan kemudahan bagi masyarakat yang mengklaim KDRT untuk berkonsultasi ataupun melakukan pengaduan KDRT .
Seperti sepenggal kisah diatas, kita tidak bisa berkilah atas kasus KDRT yang saat ini semakin merajalela dalam masalah yang dihadapi negeri ini. Kasus KDRT teersebut akan sukar kita selesaikan jika moral dan akhlak para pelakunya tidak kita bantu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dan jika kita biarkan masalah yang mungkin dianggap sepele akan sulit untuk diselesaikan jika kita kita membantu para korban yang terkena musibah kekerasan dalam rumah tangga tersebut.

Kesimpulan
            Kabupaten Bantul merupakan salah satu kabupaten dengan tingkat KDRT yang lumayan tinggi. Kasusnya pun sangat sulit diatasi dan dapat diibaratkan seperti sebongkah gunung es yang sulit untuk dicairkan, kasus yang terjadi dari tahun 2007 – 2009 semakin meningkat saja. Dan yang lebih parah kasus KDRT yang belum tercatat sekitar 100 sampai 200 persen.

Daftar Pustaka
Nama : Fajar Maulana Sidik
NPM : 17111809

Kelas : 3KA03

Tidak ada komentar:

Posting Komentar