Selasa, 18 Maret 2014

Partai Pilihanku

Partai Demokrasi Indonesia – Perjuangan (PDIP)

Sejarah PDI-P
            Merupakan salah satu partai yang menolak kenaikan harga BBM pada siding paripurna. Partai ini selalu meenomorsatukan kepentingan rakyat. Dengan begitu semangatnya partai tersebut molak kenaikan BBM karena ingin mengaspirasikan keluhan para rakyat Indonesia.
            Berdiri pada 27 juli 1996, dengan kehadiran Megawati Soekarno Putri dalam perpolitikan Indonesia dengan jabatannya di DPR dan anggota komisi I sekaligus menjadi ketua partai PDI. Sebelum menjadi PDI-P, partai PDI merupakan gabungan dari 5 partai politik lain, yaitu Partai Nasional Indonesia (PNI), Partai Kristen Indonesia (Parkindo), Partai Katolik Republik Indonesia (PKRI), Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI), Peristiwa “Gambir Berdarah”, Peristiwa “Sabtu Kelabu 27 Juli”.

Visi Dan Misi PDI-P
Sebagai alat rakyat, PDI-P bertuga untuk :
·         Pertama, mewujudkan amanat penderitaan rakyat sebagai termakjub dalam cita-cita Negara proklamasi 17 Agustus 1945
·         Kedua, menjaga dan melaksanakan Pancasila 1 Juni 1945 sebagai dasar dan arah berbangsa dan bernegara, sebagai sumber inspirasi dan harapan bagi rakyat, sebagai norma pengatur tingkah laku kebijakan, kelembagaan anggota partai dan sebagai cermin dari keseluruhan jati diri partai.
·         Ketiga, mengantarkan Indonesia untuk berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan sebagai syarat-syarat minimum bagi perwujudan cita-cita bersama bangsa di atas.

Adapun Dasa Prasetiya yang diemban oelh PDI-P :
·         Menegakan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, dan UUD 1945, serta menjaga kebhinekaan bangsa.
·         Memperkokoh kegotong royongan rakyat dalam memecahkan masalah bersama.
·         Memperkuat ekonomi rakyat melalui penataan sistem produksi, reforma agrarian, pemberian proteksi, perluasan akses pasar, dan permodalan.
·         Menyediakan pangan dan perumahan yang sehat dan layak bagi rakyat.
·         Membebaskan biaya berobat dan biaya pendidikan bagi rakyat.
·         Melestarikan lingkungan hidup dan sumber daya alam, serta menerapkan aturan tata ruang secara konsisten.
·         Mereformasi birokrasi pemerintahan dalam membangun tata pemerintahan yang baik, bebas dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.
·         Menegakkan prinsip-prinsip demokrasi partisipatoris dalam proses pengambilan keputusan.

Partai pilihan saya pada pesta demokrasi yang akan hadir pada 9 April 2014 ini saya memilih partai PDI-P dikarenakan saya melihat calon presiden dari partai ini memang dapat dipertanggung jawabkan, karena kabar burung mengatakan bahwa calon presiden dari partai ini adalah Jokowi dan Tri Rismaharini. Kedua kandidat kuat dari partai PDI-P tersebut sudah teruji akurat saat menjabat walikota Jakarta dan Surabaya. Calon pertama ialah Jokowi, beliau adalah mantan walikota Solo yang sangat cermat dan cepat mengubah keadaan kota Solo menjadi kota yang lebih baik. Dimana kota Solo pertumbuhan ekonominya sangat signifikan, dan pembangunan infrastruktur pun tumbuh pesat dengan arahan Jokowi. Beliau pun pernah di nobatkan menjadi orang paling berpengaruh oleh majalah “TIME”, dan penghargaan tersebut tidak main-main diberikan kepada seseorang. Beliau diberikan penghargaan tersebut dikarenakan kinerja nya yang sangat baik dalam membangun kota Solo.
Kandidat presiden kedua dari partai PDI-P adalah Tri Rismaharini, beliau adalah walikota Surabaya, yang telah teruji keseriusannya dalam mengubah wajah kota Surabaya menjadi lebih baik lagi, selama menjabat beliau telah mendapatkan 51 penghargaan yang telah diberikan oleh Negara terhadap beliau, dan beliau pun dinobatkan sebagai walikota wanita pertama yang sukses dalam membangun dan menjabat sebagai walikota yang paling berpengaruh  di Indonesia. Beliau berani mengaspirasikan suara rakyat, dan bahkan beliau berani bertindak sendiri dalam menanggulangi banjir sekali pun.
Inilah dua kandidat  yang membuat saya memilih partai PDI-P untuk maju terus dalam pesta demokrasi pada 9 April 2014 ini.

Daftar Pustaka

Nama : Fajar Maulana Sidik
NPM : 17111809

Kelas : 3KA03

Tidak ada komentar:

Posting Komentar