Sabtu, 13 Juni 2015

Tugas Softskill ke-4

Softskill adalah suatu kemampuan didalam diri seseorang yang dimana kemampuan tersebut berkaitan dengan keterampilan, pemahaman, penglihatan, cara berbicara dan kemampuan lain secara non teknis. Keterampilan personal yang tidak terlihat namun ada didalam diri seseorang itulah softskill.

Pengertian soft skill menurut beberapa ahli ;
-    Soft skill, menurut survey MRI, merupakan faktor terbesar pemberi konstribusi keberhasilan, yaitu sekitar 40%, selain faktor hard skill (20%), networking (30%) dan finansial (10%).

-   Soft skill keterampilan pribadi, keterampilan emosional, dan keterampilan manajerial. Hal ini berbeda dari kapasitas ilmu keras (Prof. L. David Brown - Harvard University’s Kennedy School of Government).

-  Mereka adalah keterampilan masyarakat, presentasi, keterampilan komunikasi, pemain tim, dan keterbukaan terhadap keragaman budaya. Sifat-sifat pribadi (seperti manajemen waktu,kemampuan kepemimpinan, bisa diandalkan dan jujur​​) semua jatuh di bawah soft skill(Professor Gregory S. Yovanof - Expert at AIT).

Di atas adalah pengertian soft skill menurut beberapa ahli, saya akan menjelaskan pengertian soft skill menurut saya sendiri, soft skill sangat di butuhkan di dunia kerja yang dimana tidak hanya hard skill saja yang harus dimiliki, tapi wajib soft skill harus lebih menonjol daripada hard skill. Dengan adanya tugas-tugas yang diberikan dosen kepada saya, inilah yang akan melatih dan mengukur tingkat soft skill yang saya miliki.

Soft skill menurut saya adalah suatu pembentuk karakter setiap individu, dimana tingkat kecakapan tersebut berbeda beda, oleh karena itu tingkat kejujuran, tingkat kesopanan, dan tingkat pembentuk karatker individu itulah yang akan diolah pada pelajaran softskill tersebut.

Soft skill yang di butuhkan saat ini adalah kejujuran dan tanggung jawab, dimana keahlian soft skill tersebut pun di terapkan pada keluarga saya. Kejujuran sangat penting saat ini, karena jika kita memulai suatu usaha tanpa ada kejujuran, bisa dipastikan bahwa usaha tersebut tidak akan berjalan mulus. Dan kejujuran pun kadang terasa sangat berat jika kita tidak mau menghadapi kenyataan yang akan dihadapi. Dengan kita berani menghadapi kenyataan yang pahit dan berani mengambil resiko untuk maju kedepan, maka individu tersebut sudah siap keluar dari zona nyaman dan memulai bertahan di kehidupan ini. Karena menurut saya soft skill kejujuran dan tanggung jawab lah yang akan selalu berkaitan dengan kehiduan kita sehari hari.

Perlu di ketahui, bahwa soft skill bukan dari bagaimana kita mendapatkannya. Tapi bagaimana kita mengalaminya, karena soft skill bukan ilmu yang diajarkan, namun individu tersebut yang harus mengalami dan melatih kemampuan soft skill tersebut.
Saat ini saya mampu untuk memanipulasi suatu image/objek dengan mengubahnya menjadi sedap dipandang, membuat lebih indah, dan juga menjadikan image tersebut menjadi indah. Tool yang saya gunakan adalah Photoshop. Karena kemampuan soft skill saya adalah membuat orang lain senang dengan hasil karya saya, memberikan suatu referensi bagaimana seharusnya dapat mempercantik image tersebut, maupun memanipulasi image yang orang lain suka untuk saya buat menjadi lebih bagus lagi.

Dengan kemampuan saya, saya ingin bekerja di perusahaan advertising atau di media disain, karena passion saya dalam bidang memanipulasi, membuat, dan mengubah suatu image menjadi lebih baik dan lebih bagus. Dimana pada bidang desain ini di tuntut untuk bisa memadukan warna, memahami setiap detil yang ada, dan kita di tuntut untuk mampu menggunakan lebih dari satu software pemanipulasian image.

Inilah beberapa rata-rata gaji desain grafis:
-  Junior Desainer: Rp 800 rb – 1,5 Juta (luar DKI)
-  Senior Desainer: Rp 1,5 – 3,5 Juta (luar DKI)
-  Chief Desainer: Rp 3,5 – 5 juta (luar DKI)
-  Art Director : 2 juta – 5 Juta (DKI, ad agency & graphic design house)
-  Senior Art Director : 5 – 10 Juta (DKI, ad agency & graphic design house)
-  Creative Group Head : 10 – 15 Juta (DKI, ad agency & graphic design house)
-  Creative Director : 15 – 30 Juta (DKI, ad agency & graphic design house)
-  Executive creative Director: 25 and up (DKI, ad agency & graphic design house)

Workspace dalam bidang yang saya akan geluti adalah:
  •          Adobe Photoshop
  •          Adobe Illustrator
  •          Adobe Indesign
  •          Coreldraw
  •          GIMP
  •          Inkscape
  •          Adobe Freehand
  •          Adobe image ready
  •          CorelDraw


Untuk sementara bidang desain grafis ini saya jadikan sebagai pekerjaan sampingan, dimana desain grafis itu sendiri merupakan hobi saya, suatu saat saya ingin mendirikan suatu perusahaan dimana perusahaan tersebut menaungi insan muda dimana tingkat kreativitas nya tidak terbatas, dan imajinasi yang masih segar dalam menjadikan suatu objek lebih indah dan membuat semua orang senang untuk melihat objek tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar