Rabu, 08 Oktober 2014

Analisis Student Locker Universitas Gunadarma





Website studentsite adalah suatu portal mahasiswa yang digunakan untuk keperluan mahasiswa. Seperti mengecek nilai, melihat pengumuman, dan semua aspek yang berhubungan dengan kegiatan mahasiswa lainnya. Kini student site telah mengalami update sampai ketiga kalinya. Tampilannya pun tidak monoton dan terkesan minimalis. Jika dibandingkan dengan pendahulunya studentsite saat ini kurang dapat membantu mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan. Seperti meng-upload tugas ke studentsite, melihat nilai dari studentsite, dsb.
Terdapat beberapa navigasi dalam website tersebut, diantaranya :
1.      Home
Tombol ini berfungsi untuk mengembalikan halaman website, ke halaman awal.
2.      Berita
Tombol ini berisi tentang berita apa saja yang di posting pada website tersebut.
3.      Aktivasi
Tombol aktivasi berisi tentang form yang memuat dan membantu mahasiswa untuk mendaftar pertama kalinya pada student site gunadarma
Screenshot halaman Aktivasi
4.      Login
Tombol ini berisi form yang menyediakan kolom bagi mahasiswa yang ingin masuk pada studentsite masing-masing siswa.
Screenshoot halaman login
5.      Kontak
Tombol ini berisi pemberitahuan tentang tata cara menggunakan studentsite, tetapi isi dari kolom ini di alihkan pada helpdesk
Screenshot halaman kontak
Jika dilihat dari sisi Front End, maka kelebihan website tersebut :
1.      Paduan warna pada website sedap dipandang mata.
Dengan kesan minimalis, pemaduan warna yang digunakan pada website bisa dikatakan sedap dipandang mata. Dikarenakan paduan warna tidak mengganggu aktifitas penglihatan selama mengunjungi website ini.
2.      Konten dari website cukup simple.
Bisa dikatakan konten yang digunakan di website ini sangat sederhana, hanya mengandung beberapa gambar dan warna. Jadi bisa dikatakan website ini sangat ringan dan dapat menghemat bandwidth.
Jika dilihat pada sisi Back End, maka kelebihan website tersebut :
1.      Dipastikan website menggunakan html yang terstruktur
Dengan tampilan yang disajikan pada halaman website, bisa dilihat jika website dibangun dengan struktur html yang terdiri dari header, body, dan footer. Dimana tampilan yang disajikan diatur sedemikian rupa dengan struktur html yang menjadikan website ini rapi.
2.      Dibangun dengan JavaScript
Agar website ini terkesan lembut, dan tidak kaku. Maka suatu website dapat menyisipkan kode seperti JavaScript agar website menjadi lebih sedap dipandang.
Dan adapun kekurangan dari website ini, diantaranya :
1.      Pada saat pertama kali website ini di update, sudah menimbulkan masalah saat akan login pada website ini. Dikarenakan belum ada pemberitahuan sebelumnya. Dan jika pengguna akan login lalu tiba-tiba tidak bisa login. Maka pengguna harus masuk pada link Help Desk yang telah disarankan.

2.      Menghilangkan fitur rangkuman nilai
Dengan dihilangkannya fitur rangkuman nilai, dapat dirasa bahwa hilangnya fitur ini begitu sangat disayangkan. Karena kurang lengkap jika student site sebelumnya menyediakan fitur ini, namun setelah update fitur ini dihilangkan.
Dengan kekurangan pada website ini, sangat disayangkan jika tidak dilakukannya trial dan error pada sebelum perubahan sistem pada website ini. Jika dibandingkan dengan website sebelumnya, website ini terkesan hanya sekedar tampilan dan sekedar website portal biasa.

Sumber : pemikiran sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar